Renstra

| 26-11-2014   15:54:05 WIB

Program Kerja Tahun 2014

 

          Program kerja prodi Ilmu Hukum Univeritas ubudiyah Indonesia tahun 2014 sebagai berikut :

 

2.1.1          Pilar I : Pemerataan dan Perluasan Akses

2.1.1.1    Pengembangan Program Studi

2.1.1.1.1        Mengadakan Workshop Kurikulum dengan stakeholder, praktisi, dan akademisi.

2.1.1.1.2        Menyusun Buku Panduan Akademik, Buku Panduan GBPP, dan SAP.

2.1.1.1.3             Menyusun Standar Mutu Program Studi.

2.1.1.1.4             Menyusun Evaluasi Diri Program Studi.

2.1.1.1.5             Mendefinisikan arah pengembangan program studi

 

2.1.1.2    Peningkatan Promosi Pendidikan

2.1.1.2.1             Promosi terpadu ke SMA/SMK dan MA ke seluruh Aceh.

2.1.1.2.2             Promosi terpadu ke Pemkab/Pemkot/BUMN/Swasta.

2.1.1.2.3             Promosi terpadu melalui media cetak dan elektronik.

2.1.1.2.4             Promosi terpadu via website www.hukum.uui.ac.id

 

2.1.1.3    Perencanaan seleksi masuk.

2.1.1.3.1             Menyusun rencana strategis pelaksanaan  seleksi.

2.1.1.3.2             Pengembangan seleksi masuk (sistem jemput bola),

 

2.1.1.4    Persiapan Daya Tampung

2.1.1.4.1             Evaluasi terhadap efektivitas promosi.

 

2.1.1.5    Peluang bea siswa

2.1.1.5.1        Pencarian peluang sumber beasiswa dari dalam dan luar negeri.

2.1.1.5.2        Meningkatkan jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa.

2.1.1.5.3        Menemukan bibit unggul di daerah dengan penawaran beasiswa.

 

2.1.2          Pilar II : Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing

2.1.2.1    Pengembangan kurikulum dan teknologi pembelajaran

2.1.2.1.1        Rancangan kurikulum berbasis kompetensi dan entrepreneurship.

2.1.2.1.2        Evaluasi dan update silabus dan SAP setiap semester.

2.1.2.1.3        Rancangan kurikulum sesuai kompetensi dan kebutuhan dunia kerja.

2.1.2.1.4        Menyusun Manual Prosedur Sistem Informasi , KRS, KHS Online.

2.1.2.1.5        Percobaan penerapan sistem praktikum workshop pada beberapa mata kuliah.

2.1.2.2    Peningkatan mutu akreditasi

2.1.2.2.1             Mengadakan Pelatihan Persiapan Dokumentasi Akreditasi.

2.1.2.2.2             Menyusun strategi untuk mencapai akreditasi C.

2.1.2.2.3             Melakukan Pelatihan Penyusunan Dokumen Akreditasi.

2.1.2.2.4             Penyiapan Dokumen Mutu Akreditasi (Soft dan Hard).

 

2.1.2.3    Pengembangan mutu dosen dan mahasiswa

2.1.2.3.1        Kursus peningkatan kemampuan multimedia dan teknologi pembelajaran untuk mahasiswa.

2.1.2.3.2        Seminar Kewirausahaan dan Kepemimpinan.

2.1.2.3.3        Mendorong perolehan dana Penelitian kompetitif.

2.1.2.3.4        Mengadakan Workshop dan Pelatihan penelitian dan penulisan karya ilmiah.

2.1.2.3.5        Mengadakan Pelatihan Audit internal Program Studi.

2.1.2.3.6        Mengadakan Workshop Sertifikasi Dosen.

2.1.2.3.7        Mengadakan Workshop Pembuatan Dokumen ISO dan Akreditasi.

 

2.1.2.4    Pengembangan mutu PBM (bekerja sama dengan BJM)

2.1.2.4.1        Menyusun intrumen Evaluasi PBM sesuai standar mutu pengendalian PBM.

2.1.2.4.2        Pembuatan materi ajar dalam media cetak dan elektronik (CD & Web).

2.1.2.4.3        Peningkatan fasilitas kelas dan laboratorium dengan jaringan intranet/internet.

2.1.2.4.4        Pengadaan fasilitas akses internet bagi mahasiswa.

2.1.2.4.5        Meningkatkan relevansi pendidikan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

2.1.2.5    Pengembangan Mutu Kegiatan Akademik Mahasiswa

2.1.2.5.1        Meningkat kemampuan Softskill mahasiswa.

 

2.1.2.6    Pengembangan Mutu kegiatan Non-akademik Mahasiswa

2.1.2.6.1        Mendorong mahasiswa untuk mengikuti kejuaraan ilmiah, olahraga dan seni.

2.1.2.6.2        Mendorong mahasiswa bepergian ke luar negeri (Studi banding antar negara).

 

2.1.2.7    Peningkatan Mutu Penelitian

2.1.2.7.1             Sinergitas riset (lokakarya dan inventarisasi hasil penelitian).

2.1.2.7.2             Pelatihan Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi.

2.1.2.7.3        Pelatihan penyusunan proposal pengabdian masyarakat  bidang IT.

2.1.2.7.4             Pelatihan Pembuatan Jurnal Terakreditasi Nasional.

 

2.1.2.8    Pengembangan Laboratorium

2.1.2.8.1        Menyusun Manual Mutu /Standar Mutu Laboratorium.

2.1.2.8.2        Evaluasi pelaksanaan praktikum melalui intrumen pengendalian mutu.

2.1.2.8.3        Peningkatan kualitas dan kuantitas laboratorium  untuk penelitian.

2.1.2.8.4        Pelatihan kepada Operator Lab tentang Operational Lab.

2.1.2.8.5        Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi pengelolaan Lab.

 

2.1.2.9    Peningkatan mutu publikasi Ilmiah (bekerja sama dengan LPPM)

2.1.2.9.1        Mendorong publikasi dari hasil penelitian.

2.1.2.9.2        Mempublikasi hasil penelitian melalui konferensi dalam dan luar negeri.

2.1.2.9.3        Melakukan konferensi/seminar kerjasama beberapa perguruan negeri.

2.1.2.9.4        Menerbitkan jurnal ilmiah persemester.

 

2.1.2.10 Peningkatana Mutu Layanan Masyarakat (bekerja sama dengan LPPM)

2.1.2.10.1  Memberikan Pendidikan dan Pelatihan TIK kepada Masyarakat.

2.1.2.10.2  Menggiatkan kembali program KKN mahasiswa.

2.1.2.10.3  Melibatkan masyarakat sebagai sumber pendanaan pendidikan.

2.1.2.10.4  Perluasan kerjasama dengan komunitas-komunitas IT.

2.1.2.10.5  Dukungan alih teknologi bagi masyarakat.

2.1.2.10.6  Bakti sosial bagi korban bencana.

2.1.2.10.7  Pameran teknologi dan UKM.

 

2.1.2.11 Peningkatan Mutu kerja sama (bekerja sama dengan lembaga kerja sama)

2.1.2.11.1  Menjalin kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat.

2.1.2.11.2  Meningkatkan taraf mutu kerjasama yang telah ada.

2.1.2.11.3  Sharing informasi dan staf antar PTN/PTS.

 

2.1.3          Pilar III : Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Pencitraan Publik

2.1.3.1    Penyusunan sistem pengelolaan administrasi prodi, beserta SOP nya.

2.1.3.2    Penyusunan rencana penerimaan staff administrasi Prodi, beserta kualifikasinya.

2.1.3.3    Pengenalan lembaga dan penjelasan sistem kerja administrasi.

2.1.3.4    Pengadaan fasilitas pendukung administrasi prodi, sesuai kebutuhan.

2.1.3.5    Pelatihan penguasaan sistem TI kepada staf.

2.1.3.6    Evaluasi kinerja staf, dan kondisi kerja.

2.1.3.7    Penyusunan sistem penjenjangan karir staf administrasi.

2.1.3.8    Penyusunan SOP Sistem Perencanaan dan Pelaporan Anggaran (berbasis IT dan Manual).

2.1.3.9    Penyusunan SOP Sistem Informasi Akuntansi (berbasis IT terintegrasi, Prosedur dan Manual Keuangan)

 

2.2.    Program Kerja Tahun 2015

 

          Program kerja prodi Ilmu Hukum Univeritas u,budiyah Indonesia tahun 2015 sebagai berikut :

 

2.2.1     Pilar I : Pemerataan dan Perluasan Akses

2.1.1.1    Pengembangan Program Studi

2.1.1.1.1        Mengadakan Workshop Kurikulum dengan stakeholder, praktisi, dan akademisi.

2.1.1.1.2        Menyusun Buku Panduan Akademik, Buku Panduan GBPP, dan SAP.

2.1.1.1.3             Menyusun Standar Mutu Program Studi.

2.1.1.1.4             Menyusun Evaluasi Diri Program Studi.

2.1.1.1.5             Mendefinisikan arah pengembangan program studi

 

2.1.1.2    Peningkatan Promosi Pendidikan

2.1.1.2.1             Promosi terpadu ke SMA/SMK dan MA ke seluruh Aceh.

2.1.1.2.2             Promosi terpadu ke Pemkab/Pemkot/BUMN/Swasta.

2.1.1.2.3             Promosi terpadu melalui media cetak dan elektronik.

2.1.1.2.4             Promosi terpadu via website www.hukum.uui.ac.id

 

2.1.1.3    Perencanaan seleksi masuk.

2.1.1.3.1             Menyusun rencana strategis pelaksanaan  seleksi.

2.1.1.3.2             Pengembangan seleksi masuk (sistem jemput bola),

 

2.1.1.4    Persiapan Daya Tampung

2.1.1.4.1             Evaluasi terhadap efektivitas promosi.

 

2.1.1.5    Peluang bea siswa

2.1.1.5.1        Pencarian peluang sumber beasiswa dari dalam dan luar negeri.

2.1.1.5.2        Meningkatkan jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa.

2.1.1.5.3        Menemukan bibit unggul di daerah dengan penawaran beasiswa.

2.1.1.6    Peluang Pertukaran Dosen dan Mahasiswa Asing

2.1.1.6.1        Mengaktifkan program pertukaran dosen ke PT lain.

2.1.1.6.2        Memulai program pertukaran mahasiswa ke dan dari LN.

 

2.2.2     Pilar II : Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing

2.1.1.1    Pengembangan kurikulum dan teknologi pembelajaran

2.1.1.1.1        Rancangan kurikulum berbasis kompetensi dan entrepreneurship.

2.1.1.1.2        Evaluasi dan update silabus dan SAP setiap semester.

2.1.1.1.3        Rancangan kurikulum sesuai kompetensi dan kebutuhan dunia kerja.

2.1.1.1.4        Menyusun Manual Prosedur Sistem Informasi , KRS, KHS Online.

2.1.1.1.5        Percobaan penerapan sistem praktikum workshop pada beberapa mata kuliah.

2.1.1.2    Peningkatan mutu akreditasi

2.1.1.2.1             Mengadakan Pelatihan Persiapan Dokumentasi Akreditasi.

2.1.1.2.2             Menyusun strategi untuk mencapai akreditasi C.

2.1.1.2.3             Melakukan Pelatihan Penyusunan Dokumen Akreditasi.

2.1.1.2.4             Penyiapan Dokumen Mutu Akreditasi (Soft dan Hard).

 

2.1.1.3    Pengembangan mutu dosen dan mahasiswa

2.1.1.3.1        Kursus peningkatan kemampuan multimedia dan teknologi pembelajaran untuk mahasiswa.

2.1.1.3.2        Seminar Kewirausahaan dan Kepemimpinan.

2.1.1.3.3        Mendorong perolehan dana Penelitian kompetitif.

2.1.1.3.4        Mengadakan Workshop dan Pelatihan penelitian dan penulisan karya ilmiah.

2.1.1.3.5        Mengadakan Pelatihan Audit internal Program Studi.

2.1.1.3.6        Mengadakan Workshop Sertifikasi Dosen.

2.1.1.3.7        Mengadakan Workshop Pembuatan Dokumen ISO dan Akreditasi.

 

2.1.1.4    Pengembangan mutu PBM (bekerja sama dengan BJM)

2.1.1.4.1        Menyusun intrumen Evaluasi PBM sesuai standar mutu pengendalian PBM.

2.1.1.4.2        Pembuatan materi ajar dalam media cetak dan elektronik (CD & Web).

2.1.1.4.3        Peningkatan fasilitas kelas dan laboratorium dengan jaringan intranet/internet.

2.1.1.4.4        Pengadaan fasilitas akses internet bagi mahasiswa.

2.1.1.4.5        Meningkatkan relevansi pendidikan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat.

2.1.1.4.6        Peningkatan jumlah mahasiswa magang kerja di Perusahaan lokal dan Nasional.

 

2.1.1.5    Pengembangan Mutu Kegiatan Akademik Mahasiswa

2.1.1.5.1        Mempercepat masa studi mahasiswa.

2.1.1.5.2        Meningkatkan IPK mahasiswa.

2.1.1.5.3        Meningkat kemampuan Softskill mahasiswa.

2.1.1.5.4        Peningkatan Kemampuan mahasiswa dalam ujian komprehensif.

2.1.1.5.5        Pengembangan Kerja Praktek di Bisnis IT.

2.1.1.5.6        Pengembangan career center dan recruitment day.

 

2.1.1.6    Pengembangan Mutu kegiatan Non-akademik Mahasiswa

2.1.1.6.1        Mendorong mahasiswa untuk mengikuti kejuaraan ilmiah, olahraga dan seni.

2.1.1.6.2        Mendorong mahasiswa bepergian ke luar negeri (Studi banding antar negara).

 

2.1.1.7    Peningkatan Mutu Penelitian

2.1.1.7.1             Sinergitas riset (lokakarya dan inventarisasi hasil penelitian).

2.1.1.7.2             Pelatihan Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi.

2.1.1.7.3        Pelatihan penyusunan proposal pengabdian masyarakat  bidang IT.

2.1.1.7.4             Pelatihan Pembuatan Jurnal Terakreditasi Nasional.

 

2.1.1.8    Pengembangan Laboratorium

2.1.1.8.1        Menyusun Manual Mutu /Standar Mutu Laboratorium.

2.1.1.8.2        Evaluasi pelaksanaan praktikum melalui intrumen pengendalian mutu.

2.1.1.8.3        Peningkatan kualitas dan kuantitas laboratorium  untuk penelitian.

2.1.1.8.4        Pelatihan kepada Operator Lab tentang Operational Lab.

2.1.1.8.5        Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi pengelolaan Lab.

 

2.1.1.9    Peningkatan mutu publikasi Ilmiah (bekerja sama dengan LPPM)

2.1.1.9.1        Mendorong publikasi dari hasil penelitian.

2.1.1.9.2        Mempublikasi hasil penelitian melalui konferensi dalam dan luar negeri.

2.1.1.9.3        Melakukan konferensi/seminar kerjasama beberapa perguruan negeri.

2.1.1.9.4        Menerbitkan jurnal ilmiah persemester.

 

2.1.1.10 Peningkatana Mutu Layanan Masyarakat (bekerja sama dengan LPPM)

2.1.1.10.1  Memberikan Pendidikan dan Pelatihan TIK kepada Masyarakat.

2.1.1.10.2  Melibatkan masyarakat sebagai sumber pendanaan pendidikan.

2.1.1.10.3  Perluasan kerjasama dengan komunitas-komunitas IT.

2.1.1.10.4  Dukungan alih teknologi bagi masyarakat.

2.1.1.10.5  Bakti sosial bagi korban bencana.

2.1.1.10.6  Pameran teknologi dan UKM.

 

2.1.1.11 Peningkatan Mutu kerja sama (bekerja sama dengan lembaga kerja sama)

2.1.1.11.1  Menjalin kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat.

2.1.1.11.2  Meningkatkan taraf mutu kerjasama yang telah ada.

2.1.1.11.3  Sharing informasi dan staf antar PTN/PTS.

 

 

2.2.3          Pilar III : Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Pencitraan Publik

2.2.3.1    Pengembangan sistem pengelolaan administrasi prodi, beserta SOP nya.

2.2.3.2    Pengembangan rencana penerimaan staff administrasi Prodi, beserta kualifikasinya.

2.2.3.3    Evaluasi kinerja lembaga dan penjelasan sistem kerja administrasi.

2.2.3.4    Penambahan fasilitas pendukung administrasi prodi, sesuai kebutuhan.

2.2.3.5    Evaluasi kinerja staf, dan kondisi kerja.

2.2.3.6    Pengembangan sistem koridor antar gedung.

2.2.3.7    Penataan Aset.